Searching...
Selasa, November 13

Bisnis Modal Murah : Bisnis Cuci Mobil

Pada saat ini kendaraan semakin memadati jalanan di kota-kota besar maupu kota kecil. Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia maka bisnis cuci kendaraan pun semakin marak dan semakin dilirik banyak pebisnis. Dapat kita lihat pada data BPS. Bahwa jumlah mobil di indonesia mencapai angka 9,8 juta dan motor mencapai 47,6 juta pada Tahun 2008, Jika kita hitung dengan perkiraan, anggap saja misalnya rata-rata 1 unit kendaraan dicuci 1 kali dalam seminggu, maka ada sekitar 1.4 juta mobil dan 6,8 juta motor yg harus dicuci dalam satu harinya.

Bias kita bayangkan jika semua kendaraan tersebut di cuci di tempat pencucian maka setiap hari ada sekitar 1.4 juta mobil X rata-rata; Rp 15.000,-/ongkos cuci) = 21 milyar/ hari uang masuk ke bengkel pencucian mobil. Dan ( 6.8 juta motor X rata-rata; Rp 6.000,-/ongkos cuci) = 40 milyar / hari uang masuk ke bengkel cuci sepeda motor.

Maka tak heran jika Bisnis Cuci Mobil ini begitu diminati dan berkembang seiring bertambahnya jumlah kendaraan di Indonesia pada saat ini. Tapi perlu disadari bahwa dalam membuka usaha pencucian mobil maupun sepeda motor harus mempertimbangkan beberapa aspek, agar target pasar dan usaha dapat diraih sesuai harapan. beberapa aspek yang paling penting yang perlu dipikirkan adalah masalah lokasi, competitor dan juga pelayanan.

Jangan membuka lokasi pencucian di wilayah yang jauh dari penduduk atau permukiman. alasanya tentu bisa ditebak dengan mudah. Sangat beralasan sekali kan, jika kita lebih memilih tempat yang agak ramai. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Pertimbangkan juga faktor Kompetitor, hal ini terkait dengan perhitungan market di wilayah usaha pencucian yang sedang anda akan buka. Disarankan agar tidak berspekulasi atau memaksakan untuk membuka tempat pencucian di lokasi yang sudah banyak terdapat usaha pencucian, terkecuali jika anda yakin market atau konsumen di daerah tersebut sangat banyak.

Momen yang terjadi pada saat mencuci kendaraan adalah menunggu dan menunggu dan memuaskan pastinya. Jangan biarkan pelanggan atau konsumen terlalu lama menunggu, jenuh, tak nyaman berada di tempat pencucian anda. Dan jangan biarkan sekalipun konsumen merasa tidak puas dengan hasil pencucian di bengkel atau tempat usaha anda, karena lambat laun, tanpa sadar usaha jasa pencucian kita menjadi ditinggalkan oleh para pelanggan. Maka dari itu pentingnya menciptakan suasana kerja yang efisien dan juga pelayanan yang memuaskan menjadi sangat penting dalam usaha ini.

Dalam merintis sebuah usaha cuci mobil pastikan semuanya terencana dengan matang, entah itu dari segi modal, perekrutan karyawan, target pasar, dan yang terpenting adalah inovasi agar tempat cucian anda memiliki cirri khas tersendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!