Pada saat ini kendaraan semakin memadati jalanan di kota-kota besar
maupu kota kecil. Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan di
Indonesia maka bisnis cuci kendaraan pun semakin marak dan
semakin dilirik banyak pebisnis. Dapat kita lihat pada data BPS. Bahwa
jumlah mobil di indonesia mencapai angka 9,8 juta dan motor mencapai
47,6 juta pada Tahun 2008, Jika kita hitung dengan perkiraan, anggap
saja misalnya rata-rata 1 unit kendaraan dicuci 1 kali dalam seminggu,
maka ada sekitar 1.4 juta mobil dan 6,8 juta motor yg harus dicuci dalam
satu harinya.
Bias kita bayangkan jika semua kendaraan tersebut di cuci di tempat
pencucian maka setiap hari ada sekitar 1.4 juta mobil X rata-rata; Rp
15.000,-/ongkos cuci) = 21 milyar/ hari uang masuk ke bengkel pencucian
mobil. Dan ( 6.8 juta motor X rata-rata; Rp 6.000,-/ongkos cuci) = 40
milyar / hari uang masuk ke bengkel cuci sepeda motor.
Maka tak heran jika Bisnis Cuci Mobil ini begitu diminati dan
berkembang seiring bertambahnya jumlah kendaraan di Indonesia pada saat
ini. Tapi perlu disadari bahwa dalam membuka usaha pencucian mobil
maupun sepeda motor harus mempertimbangkan beberapa aspek, agar target
pasar dan usaha dapat diraih sesuai harapan. beberapa aspek yang paling
penting yang perlu dipikirkan adalah masalah lokasi, competitor dan juga
pelayanan.
Jangan membuka lokasi pencucian di wilayah yang jauh dari penduduk
atau permukiman. alasanya tentu bisa ditebak dengan mudah. Sangat
beralasan sekali kan, jika kita lebih memilih tempat yang agak ramai.
Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.
Pertimbangkan juga faktor Kompetitor, hal ini terkait dengan
perhitungan market di wilayah usaha pencucian yang sedang anda akan
buka. Disarankan agar tidak berspekulasi atau memaksakan untuk membuka
tempat pencucian di lokasi yang sudah banyak terdapat usaha pencucian,
terkecuali jika anda yakin market atau konsumen di daerah tersebut
sangat banyak.
Momen yang terjadi pada saat mencuci kendaraan adalah menunggu dan
menunggu dan memuaskan pastinya. Jangan biarkan pelanggan atau konsumen
terlalu lama menunggu, jenuh, tak nyaman berada di tempat pencucian
anda. Dan jangan biarkan sekalipun konsumen merasa tidak puas dengan
hasil pencucian di bengkel atau tempat usaha anda, karena lambat laun,
tanpa sadar usaha jasa pencucian kita menjadi ditinggalkan oleh para
pelanggan. Maka dari itu pentingnya menciptakan suasana kerja yang
efisien dan juga pelayanan yang memuaskan menjadi sangat penting dalam
usaha ini.
Dalam merintis sebuah usaha cuci mobil pastikan
semuanya terencana dengan matang, entah itu dari segi modal, perekrutan
karyawan, target pasar, dan yang terpenting adalah inovasi agar tempat
cucian anda memiliki cirri khas tersendiri.
0 komentar:
Posting Komentar