Searching...
Minggu, Februari 24

Bisnis Sampingan Tanpa Modal


Banyak yang ingin segera punya bisnis sampingan tanpa modal. Pertanyaannya selalu, mau usaha tapi tidak punya modal? Pertanyaan klasik yang selalu diulang-ulang oleh calon pengusaha. Yang saya tangkap, pasti arahnya pada modal UANG, meskipun sebenarnya untuk memulai usaha tidaklah harus selalu terikat dan terpaku dengan jumlah uang di tangan. Memang enak kalau bisa punya bisnis tanpa harus keluar modal banyak, syukur-syukur hasilnya besar, profitnya mantap. Bisa cepet kaya dech. Kalau gini sich semua orang juga mau.
Oke kalau memang ngebet banget pingin segera punya usaha, tapi kantong dan dompet kosong, sudah kepingin banget punya bisnis sampingan tanpa modal, ini mungkin langkah kongkret yang bisa diambil:
Pertama lihat dulu, anda masih punya waktu luang tidak? Kalau tidak lagi punya waktu luang, pertanyaan saya ngapain aja selama ini. Masak sudah sibuk dan habis waktu, nggak bisa ngumpulin modal. Ini mungkin saja bagi sebagian kelompok, yang masuk pada golongan, (maaf) pekerja kasar. Kalau kondisinya demikian saran saya lebih produktifkan lagi pemanfaatan waktu. Sesibuk-sibuknya kita pasti ada waktu yang tersisa yang masih bisa dioptimalkan untuk meningkatkan produktifitas kita. Baik untuk meningkatkan skill, maupun meningkatkan pendapatan.
Kedua, kalau masih punya waktu luang, syukurlah setidaknya waktu luang ini adalah modal yang sangat berharga. Kita sama-sama dikasih jatah waktu 24 jam sehari. Kalau masih ada waktu luang, banyak yang masih bisa kita kerjakan. Saran saya investasikan waktu untuk menambah relasi / networking, lanjutkan dengan mencari modal.
Kalau anda sudah ada kerja, sisihkan sebagian penghasilan untuk mengumpulkan modal. Dengan perjalanan waktu toh uang simpanan makin bertambah dan siap untuk dijadikan modal. Saran saya perhitungkan jangan terlalu lama mengumpulkan modalnya, tentukan targetnya kapan dan berapa perbulannya. Kalau terlalu lama uang anda akan tergerus inflasi. Kalau ternyata butuh waktu lama untuk mengumpulkan modal, simpanlah uang anda dalam bentuk EMAS dan sebaiknya pilih emas batangan yang bisa dibeli mulai dari 1 gram, 5 gram, 10 gram, atau 100 gram.
Dalam memanfaatkan waktu luang, ingat dan jangan lupa, jangan  terlewatkan untuk selalu meningkatkan kapasitas/skill pribadi yang bisa mendekatkan pada bidang usaha yg diinginkan. Peningkatan skill yang paling penting adalah menanamkan mindset yang tepat untuk berbisnis. Selain itu tambah pengetahuan teknis lain, misal melalui  kursus, ikut workshop, ikut seminar, baca buku, ikut komunitas. Hal ini untuk menambah kemampuan teknis menjalankan bisnis.
Ketrampilan atau skill yang menurut saya penting adalah kemampuan pemasaran, komunikasi, leadership, mengelola team dan skill penunjang sesuai jenis usahanya (skill montir kalau mau buka bengkel, skill memasak kalau mau masuk kuliner, akunting, perpajakan, dll).
Pengalaman saya dulu, saya bisa cepat punya mindset bisnis yang baik ditambah skill bisnis yang memadai, karena kebetulan sekali saya keseret pada bisnis MLM (Multi Level Marketing). Memang banyak yang membenci bisnis MLM. Tapi bagi saya, saya bersyukur bisa kenal dengan MLM karena bisa belajar banyak tentang bisnis dengan biaya yang murah. Dan bisa dapat income yang memadai.
Bayangkan kalau harus ikut seminar pemasaran, seminar leadership, seminar motivasi, workshop perpajakan satu persatu, tentu banyak biaya yang harus diinvestasikan. Tapi di dunia MLM training-training seperti ini bisa di dapat dengan mudah dan murah. Orang bijak mengatakan, jangan menilai buku dari sampulnya, demikian juga dalam MLM, jangan menilai MLM dari kata orang, dari cerita orang saja, coba saja terjuni langsung, coba saja ikuti dan dapatkan manfaat-manfaat yang banyak. Jangan juga dinilai dari uang yang sudah dikeluarkan untuk bergabung, tapi dari peningkatan kualitas pribadi kita sehingga siap untuk berbisnis sesuai keinginan kita.
Ada yang bilang jadikan bisnis MLM sebagai sekolah bisnis, dan kelulusannya adalah saat kita bisa membangung bisnis kita sendiri. Dengan ikut MLM saya bisa melihat peluang-peluang bisnis yang tepat buat saya, karena mind set dan skill saya sudah bertambah banyak.
Sekali lagi untuk menegaskan jika benar-benar ingin punya usaha dan punya bisnis sampingan tanpa modal uang, manfaatkan waktu yang anda punya, karena itu adalah aset yang paling berharga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!